Berlangsung Meriah, PMI Sulbar Apresiasi Jumbara II PMI Pasangkayu


PASANGKAYU – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasangkayu melaksanakan Jumpa Bakti dan Gembira (Jumbara) II Palang Merah Remaja (PMR) tingkat kabupaten.

Jumbara yang diikuti PMR Tingkat Madya dan PMR Tingkat Wira se Kabupaten Pasangkayu dilaksanakan di Lapangan Desa Pajalele, Tikke Raya, Rabu 24 Juli 2024.

Tema Jumbara II PMI Kabupaten Pasangkayu Tahun 2024 yakni “Bersatu dalam kerelawanan yang berkarakter”.

Adapun tujuan pelaksanaan Jumbara II yakni meningkatkan peran Palang Merah Remaja untuk mendukung kapasitas organisasi dan pelayanan PMI secara profesional dan berintegritas.

Pembukaan Jumbara II diawali dengan defile peserta memasuki lapangan upacara. Defile diawali SMAN 1 Tikke Raya sebagai tuan rumah.

BACA JUGA:  Atlet Panahan Sulbar Kalahkan Tuan Rumah, Langkah Terhenti di Babak Seperdelapan

Setiap peserta memberikan penghormatan kepada undangan yang duduk di panggung kehormatan. Tidak lupa menyanyikan yel-yel yang sangat variatif.

Peserta defile juga menampilkan pasangan peserta yang memakai baju adat atau busana dari bahan daur ulang, seperti plastik, kardus bekas maupun kulit jagung kering.

Ketua Bidang Organisasi PMI Sulbar Andi Marini Ariakati yang mewakili Ketua PMI Sulbar dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Jumbara II.

Menurutnya, Jumbara II PMI Kabupaten Pasangkayu dilaksanakan dengan sangat meriah dan luar biasa.

“Jumbara tentu dilaksanakan sebagai ajang pembinaan, sekaligus untuk pertemuan anggota PMR serta untuk melakukan evaluasi,” ujarnya.

BACA JUGA:  PON XXI Aceh-Sumut 2024, Ali Baal Sambangi Kontingen Sulbar: Berikan yang Terbaik untuk Sulbar

Marini juga menyampaikan bahwa PMI sebagai organisasi sosial kemanusian pada semua tingkatan telah berkontribusi dalam membantu pemerintah dan masyarakat. Khusunya dalam penanganan akibat bencana alam.

Menurutnya, peran relawan PMI termasuk PMR dalam melakukan tanggap darurat sangat luar biasa.

Untuk itu, kata dia, salah satu tujuan strategis PMI yaitu meningkatkan rekrutmen dan pembinaan relawan sebagai tulang punggung layanan kemanusiaan.

Sementara Ketua Bidang Organisasi PMI Kabupaten Pasangkayu Tanwir Miliansyah dalam arahannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pengurus PMI Sulbar, Kepala Markas dan staf.

BACA JUGA:  Dimas Ayogya Julianto, Atlet Panah Sulbar Lolos 1/16 Besar PON XXI Aceh-Sumut

Tanwir juga memberikan arahan kepada seluruh peserta untuk tetap semangat dan mengikuti lomba secara sportif dan riang gembira.

Peserta Jumbara II dengan total 780 orang. Terdiri dari PMR Madya sebanyak 11 unit (sekolah) dengan 286 peserta dan PMR Wira sebanyak 19 unit dengan 494 peserta.

Adapun jenis lomba yakni, Lomba Jumpa yang terdiri dari traveling kepalangmerahan, kreasi remaja dan peningkatan keterampilan.

Selanjutnya Lomba Bakti berupa kerja bakti bersih lingkungan.

Terakhir Lomba Gembira terdiri dari lomba tandu darurat, drama musikal, pentas seni, defile kontingen, anjangsana dan senam. (*)

Komentar