Jokowi Buka PON XXI Aceh-Sumut, Ketua KONI Sulbar: Kita Berharap Atlet-Atlet Sulbar Memberikan yang Terbaik

Kotingen Sulbar melambaikan tangan saat parade defile di pembukaan PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Senin 9 September 2024.

ACEH, RADAR SULBAR – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut resmi dibuka Presiden Jokowi di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Senin malam, (9/9/2024).

Opening ceremony PON XXI Aceh-Sumut yang mempertandingkan 46 cabang olahraga (cabor) dengan 87 disiplin olahraga ini diikuti 9.029 atlet.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, PON berlangsung di dua provinsi sekaligus senagai tuan rumah.

Di wilayah Sumut, seremoni pembukaan berlangsung di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, mengikuti jadwal pembukaan di Stadiom Harapan Bangsa, Aceh.

Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, kemudian lantunan syair dan tarian adat Aceh oleh ribuah penari putera-puteri Aceh di panggung utama pembukaan, Stadion Harapan Bangsa.

BACA JUGA:  Dimas Ayogya Julianto, Atlet Panah Sulbar Lolos 1/16 Besar PON XXI Aceh-Sumut

Usai pembukaan, dilanjutkan parade defile diikuti kontingen 38 provinsi di Indonesia. Termasuk Sulbar. Setiap kontingen menampilkan pakaian adat daerah masing-masing, Sulbar menampilkan pasangan berpakaian baju Pokko Mandar.

Kontingen Sulbar dengan 59 atlet dan 36 official dari 15 cabang olahraga yang dikuti, mengikuti defile di dua lokasi pembukaan PON, Stadion Harapan Bangsa, Aceh dan Stadion Baharoeddin Siregar di Kabupaten Deli Serdang.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan PON sebagai ajang lebih banyak melahirkan atlet-atlet terbaik bangsa yang dapat memecahkan rekor dunia.

BACA JUGA:  Sumbang Dua Medali Perak PON XXI Aceh-Sumut, Ramlah Terima Hadiah Rp300 Juta

“PON juga ajang melahirkan lebih banyak peraih medali emas SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade,” ujar Jokowi.

Tak kalah penting, kata Jokowi, PON adalah ajang mempererat persatuan dan memperkokoh tali persaudaraan sesama bangsa.

Oleh karena itu, Jokowi meminta para atlet bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas dan fair play.

“Mari kita semua merayakan pekan olahraga ini dengan semangat kebersamaan, semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukur prestasi yang membanggakan negeri,” tutur Jokowi.

Sementara itu, Ketua KONI Sulbar Ali Baal Masdar yang mengikuti pembukaan di Stadion Harapan Bangsa berharap allet-atlet Sulbar dapat memberikan yang terbaik, memberikan kado ulang tahun Sulbar ke 20 tahun.

BACA JUGA:  Kontingen Sulbar Turut Meriahkan Defile Pembukaan PON XXI Wilayah Sumut di Stadion Baharuddin Siregar Deli Serdang

“Kita berharap atlet-atlet Sulbar memberikan yang terbaik untuk daerah kita di PON XXI 2024 ini, dapat menambah perolehan medali sebagai kado ulang tahun Sulbar ke-20,” ujar mantan Gubernur Sulbar Periode 2017-2022 itu.

Diketahui, Sulbar baru mempersembahkan dua medali perak dari cabang olahraga dayung. Medali tersebut diraih Ramla Baharuddin, masing-masing di kategori WK-1 1.000 meter dan WK-1 500 meter. (*)

Komentar