Walau Berat, Peluang Futsal Sulbar Masih Sisakan Dua Pertandingan


MEDAN – Peluang Tim Futsal Sulawesi Barat (Sulbar) untuk melaju ke babak semifinal tampak semakin berat. Pada dua laga tanding yang telah dilakoni, semuanya berakhir dengan kekalahan.

Pada PON Aceh-Sumut 2024, Sulbar bergabung di Grup A bersama DK Jakarta, Jawa Timur (Jatim), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan tuan rumah Sumatera Utara (Sumut).

Pada Grup A ini diisi 5 tim yang masing-masing akan memainkan 4 pertandingan pada babak penyisihan. Hanya juara dan runner up grup yang berhak melaju ke babak semifinal.

Pada pertandingan pertama, Sulbar bertemu DK Jakarta di GOR Mini Dispora Sumut, Deli Serdang, Kamis 29 Agustus 2024. Hasilnya DK Jakarta menang tipis 1-0. Gol Semata Wayang DK Jakarta dicetak Andi Ummayah.

Selanjutnya, pada pertandingan kedua, Sulbar bertemu tuan rumah Sumut, Sabtu 31 Agustus 2024. Hasilnya, Sulbar kembali menelan kekalahan dengan skor 8-4.

Pertandingan Sulbar versus Sumut ramai dibicarakan pecinta futsal setanah air. Pertandingan ini menghasilkan total 12 gol. Pertandingan berlangsung sangat seru.

Hingga wasit meniup pluit pertanda kick off, pertandingan langsung berlangsung dalam tensi tinggi. Jual beli serangan dipertontonkan kedua tim.

BACA JUGA:  Dimas Ayogya Julianto, Atlet Panah Sulbar Lolos 1/16 Besar PON XXI Aceh-Sumut

Sumut yang bermain didepan pendukung fanatiknya memainkan pertandingan dalam ritme yang cepat. Walau demikian, Sulbar memperlihatkan pula perjuangan yang begitu gigih. Permainan agresif Sumut dapat diimbang tim Sulbar.

Keseruan pertandingan semakin tinggi kala memasuki menit ketiga babak pertama. Pemain Sumut yang semakin agresif melancarkan serangan tidak mudah menerobos banteng pertahanan Sulbar. Sulbar lalu mengandalkan serangan balik.

Taktik kedua tim akhirnya membuahkan hasil. Kerja keras kedua tim masing-masing mampu mencetak gol. Hanya saja, hingga babak pertama selesai, Sumut menang tipis dengan skor 3-2.

Memasuki babak kedua, Sulbar berinisiatif meningkatkan serangan. Betapa tidak, Sulbar bertekad mencuri poin dari tuan rumah, minimal bermain imbang.

Hanya saja, serangan Sumut yang semakin tampil percaya diri mulai membuat tim Sulbar kewalahan. Serangan ofensif Sumut dimainkan dalam tempo yang terukur.

Sulbar hanya bisa memberikan perlawanan dengan sekali-kali mengandalkan serangan balik. Pada babak  kedua ini, walau Sulbar mampu menambah dua gol, namun tuman rumah mencetak lima gol. Sehingga hasil akhir 8-4 untuk kemenangan Sumut.

BACA JUGA:  Kategori Catur Kilat Selesai 9 Babak, Pecatur Sulbar di Peringkat 8 dengan Koleksi 5 Poin

Selanjutnya, tim futsal Sumut akan berhadapan dengan Jakarta, Senin 2 September 2024. Sementara tim futsal Sulbar akan bersua dengan Jawa Timur pada Selasa3 September 2024.

Pelatih futsal Sumut Hendrawan Ferdiansyah usai laga mengatakan sebenarnya lawan juga bermain bagus dan sempat membuat permainan anak-anak asuhnya sulit berkembang.

Namun secara perlahan permainan tim Sumut mulai berkembang dan mampu mengendalikan jalannya laga, dengan lebih menekan sehingga lawan tak mampu mengembangkan permainan.

Sementara itu pelatih futsal putra Sulbar, Yolla Hendro Sugeni juga mengatakan teknik power play yang digunakan dalam laga ini sudah disiapkan dan terbukti berhasil mencetak 4 gol.

Manajer Tim Futsal Irham Nasaruddin saat dikonfirmasi via whatsapp menyampaikan apresiasi yang begitu tinggi atas perjuangan anak-anak sulbar. Para pemain futsal Sulbar dinilai telah bermain baik dan maksimal.

Menyisakan dua pertandingan sisa lagi pada babak penyisihan Grup A, Irham juga menyampaikan jika harapan Sulbar sudah tipis. Walau demikian, kata dia, Sulbar tetap menargetkan kemenangan di dua laga sisa tersebut.

BACA JUGA:  Atlet Panahan Sulbar Kalahkan Tuan Rumah, Langkah Terhenti di Babak Seperdelapan

Sulbar masih akan menuntaskan babak penyisihan Grup A menghadapi Jatim dan NTT.

Bila mampu memenangi dua pertandingan sisa, maka Sulbar akan mentok mengoleksi poin 6. Sementara tim lain juga akan berusaha untuk menambah poin.

Melihat hasil klasemen sementara hingga pertandingan kedua di Grup A, belum ada tim yang memastikan diri untuk lolos ke babak semifinal. Namun melihat statistik hasil pertandingan, Sumut dan NTT mempunyai kans untuk lolos ke babak semifinal.

Tapi bola masih bundar. Keajaiban bisa saja terjadi. Semua tim masih punya harapan. Termasuk tim futsal Sulbar.

 

KLASEMEN SEMENTARA

FUTSAL GRUP A

 

SUMUT         2     1     1     –      4 (+4)

NTT               2     1     1     –      4 (+2)

JAKARTA      2     1     –      1     3 (0)

JATIM           2     1     –      1     3 (-1)

SULBAR       2     –      –      2     0 (-5)

(***)

Komentar