Timnas U-20 Indonesia Taklukkan Argentina 2-1


JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan apresiasi luar biasa kepada Timnas U-20 Indonesia yang mencatatkan kemenangan bersejarah dengan skor 2-1 atas Argentina U-20, tim unggulan berperingkat pertama FIFA, dalam laga pembuka Seoul Earth On Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan, Rabu (28/8/2024).

“Kemenangan ini sangat luar biasa. Saya menyaksikan pertandingan tersebut dan sangat bangga dengan perjuangan para pemain kita, terutama karena mereka mampu bangkit dan membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu. Namun, meski kita berhasil mengalahkan Argentina, saya ingatkan untuk tetap rendah hati dan tidak jemawa,” ujar Erick Thohir sebagaimana dilansir Media Resmi PSSI di Jakarta.

BACA JUGA:  PON XXI Aceh-Sumut 2024, Ali Baal Sambangi Kontingen Sulbar: Berikan yang Terbaik untuk Sulbar

Tidak hanya itu, Erick juga memberikan pujian tinggi kepada pelatih Indra Sjafri dan timnya yang berhasil mempertahankan mentalitas baja di tengah tekanan hebat dari Argentina. “Pertahanan kita juga saya nilai solid. Beberapa kali digempur, tapi bisa keluar dari tekanan. Semoga ini menjadi modal dalam segi mental yang bagus asal ingat, perjalanan mereka masih panjang,” tambahnya.

Sepanjang 45 menit pertama, Indonesia sebenarnya unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 65 persen berbanding 35 persen. Namun, rapatnya barisan pertahanan Argentina membuat Dony Tri Pamungkas dkk kesulitan untuk menembus pertahanan Tim Tango Muda. Statistik mencatat, pemain Indonesia U-20 tak diberikan kesempatan untuk melepaskan tendangan ke arah gawang Argentina.

BACA JUGA:  Kontingen Sulbar Turut Meriahkan Defile Pembukaan PON XXI Wilayah Sumut di Stadion Baharuddin Siregar Deli Serdang

Sebaliknya, Argentina yang memainkan pola serangan balik cepat justru berhasil memanfaatkan peluang emas menjadi gol di menit ke-17. Berawal dari tendangan sudut, bola yang sempat dimentahkan pemain Indonesia akhirnya disambar Rodrigo Ezequiel Stocco yang melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola ini diteruskan Mirko Juarez dengan sundulan yang memperdaya kiper Ikram Algiffari.

BACA JUGA:  Sumbang Dua Medali Perak PON XXI Aceh-Sumut, Ramlah Terima Hadiah Rp300 Juta

Namun, di menit ke-74, Indonesia U-20 secara mengejutkan mampu menjebol gawang Argentina. Gol bermula dari tendangan bebas Mouri Ananda yang berhasil disambar Kadek Arel Priyatna. Kemudian, tendangan penalti Ananda di menit ke-82 membuat Indonesia unggul 2-1, dan skor itu bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Kemenangan ini menegaskan bahwa Timnas U-20 Indonesia memiliki potensi besar di kancah internasional. Dengan mentalitas baja dan strategi yang solid, mereka siap melanjutkan perjuangan di Seoul Earth On Us Cup 2024. (indonesia.go.id)

Komentar