Petugas Satpol PP Dilatih Keterampilan dan Kedisiplinan


MAJENE – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai penegakkan Peraturan Daerah (Perda) tentu diharapkan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam penegakkan aturan menjalankan tugasnya.

Untuk meningkatkan kualitas ini, Kepala Satpol PP Kabupaten Majene Zainal Arifin memberikan pelatihan keterampilan dan kedisiplinan kepala anggotanya terutama yang baru bertugas di lapangan.

“Beberapa hari ini, ada penerimaan pegawai melalui CPNS untuk Satpol PP Majene sebanyak 10 orang. Untuk masuk anggota Satpol PP tentu ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki sehingga kita laksanakan latihan dasar, seperti keterampilan dan kedisiplinan,” terang Zainal Arifin di Aula Pendopo Rujab Bupati Majene, Rabu (15/06/2022).

Dituturkan, kegiatan latihan dasar dilaksanakan selama sepekan, terhitung sejak Senin 13 sampai 19 Juni 2022. “Beberapa materi yang diajarkan kepada anggota baru, diantaranya baris berbaris, kedisiplinan agar jiwa korps dijaga, sehingga pekerjaannya bisa lebih disiplin,” ulasnya.

Selain anggota baru juga terdapat anggota lama yang ikut serta dalam pelatihan dasar guna lebih meningkatkan kualitas keterampilan dan kedisiplinan dalam menjalankan tugasnya. “Intinya disiplin, jadi yang ikut pelatihan sekitar 20 orang karena bukan hanya yang lulus CPNS tapi juga anggota tenaga kontrak,” ujarnya.

Melalui pelatihan dasar, mantan Staf Ahli Bupati Majene itu berharap, Satpol PP Majene lebih meningkatkan kualitas keterampilan dan kedisiplinan.

“Kegiatan kedisiplinan ini, akan lebih memiliki rasa hormat kepada seniornya. Selain itu, juga menambah mental anggota, karena kita tahu tupoksi Satpol PP terkadang berseberangan dengan masyarakat sehingga terjadi hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (shr)

Komentar