Komisioner KPU Temui Kapolri, Jalin Komitmen Amankan Tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024


JAKARTA – Pemilu dan pemilihan merupakan arena kontestasi legal meraih atau mempertahankan kekuasaan. Tensi politik yang ada terkadang tinggi dan butuh pencegahan dan penanganan keamanan yang tepat.

Berangkat dari hal itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari, Anggota KPU RI August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Idham Holik, Yulianto Sudrajat, Mochammad Afifuddin bersama Sekjen KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno mendatangi Mabes Polri untuk beraudiensi dan berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terkait dukungan keamanan selama Pemilu dan Pemilihan 2024, di Mabes Polri, Senin (23/5).

“Kami sampaikan bahwa walaupun pemilunya disebut Pemilu 2024, tapi tahapan akan dimulai pada tahun 2022, ini tepatnya 14 Juni 2022,” ucap Hasyim.

Pada pertemuan ini Hasyim juga mengungkapkan adanya perbincangan terkait pengamanan tahapan pemilu dan pemilihan seperti pengadaan, produksi dan distribusi logistik, kampanye, pengamanan pemungutan dan penghitungan suara sampai rekapitulasi ditingkat nasional.

Juga dibicarakan terkait ruang lingkup Polri pada tahapan pencalonan, yakni penerbitan surat keterangan kepolisian bagi calon yang berpartisipasi nanti.

Sementara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyambut baik kunjungan ini sebagai langkah antisipatif menghadapi dimulainya tahapan Pemilu 2024.

Dia mengakui keserentakan Pemilu 2024 akan membuat proses demokrasi ini akan jauh lebih kompleks. Oleh karena itu Polri menurutnya siap mendukung suksesnya tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024.

“Baik dari hal-hal yang bersifat administrasi sampai dengan hal-hal yang sifatnya pengamanan fisik lapangan,” tutur Listyo.

Turut mendampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima, Inspektur Utama Nanang Priyatna. Dari Polri, hadir Kadiv Humas Mabes Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. (***)

Komentar