Tundukkan Timor Leste 4-1, Indonesia Masih Berpeluang ke Semifinal


JAKARTA – Tim nasional U-23 Indonesia menundukkan Timor Leste dengan skor 4-1 pada laga lanjutan Grup A sepak bola putra SEA Games 2021, Selasa.

Dua dari empat gol Indonesia dalam pertandingan di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, itu dicetak pemain sayap Witan Sulaeman.

Sedangkan dua gol lainnya dilesakkan oleh Egy Maulana dan Fachruddin Aryanto.

Pada laga tersebut, pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-2-3-1 dengan trio Egy Maulana, Irfan Jauhari dan Witan Sulaeman sejak awal laga.

Gelandang Syahrian Abimanyu pun tampil bersama Marc Klok dan Ricky Kambuaya, begitu pula kwartet bek Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramdhani, Fachruddin Aryanto, dan Ilham Rio Fahmi.

BACA JUGA:  Pebalap Sepeda Sulbar Perebutkan Medali di Empat Kelas PON XXI Aceh-Sumut

Timor Leste mengambil inisiatif serangan dan mengurung Indonesia dalam 10 menit awal, bahkan memperoleh hadiah tendangan penalti karena pelanggaran Marc Klok tiga menit setelah sepak mula, namun eksekusi Mouzinho de Lima mampu ditepis kiper Ernando Ari.

Setelah keluar dari tekanan, Indonesia sukses membuka keunggulan pada menit ke-16 melalui sepakan Egy Maulana yang berdiri bebas di muka gawang memanfaatkan umpan sundulan Rizky Ridho.

Setelah itu, Egy, Irfan Jauhari dan Ricky Kambuaya meraih kesempatan menambah keunggulan, namun percobaan-percobaan mereka dikandaskan penjaga gawang lawan, Junildo Pereira, sehingga sekor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Strategi tersebut berbuah positif. Enam menit setelah dua nama tersebut memasuki lapangan, Indonesia menggandakan skor lewat kepala Witan Sulaeman. Witan mengonversi operan lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga.

BACA JUGA:  PON XXI Aceh-Sumut 2024, Ali Baal Sambangi Kontingen Sulbar: Berikan yang Terbaik untuk Sulbar

Pada menit ke-58, giliran kapten Fachruddin Aryanto yang menciptakan gol setelah terjadi kemelut di pertahanan Timor Leste.

Indonesia menutup pertandingan itu dengan kemenangan 4-1. Hasil tersebut belum mengubah posisi Indonesia di peringkat keempat Grup A, lantaran baru mendapatkan tiga poin dari dua laga. Akan tetapi, Garuda Muda masih berpeluang untuk lolos ke semifinal.

BACA JUGA:  Sumbang Dua Medali Perak PON XXI Aceh-Sumut, Ramlah Terima Hadiah Rp300 Juta

Sementara Timor Leste berada tepat di bawah Indonesia atau juru kunci dengan koleksi nol poin dari tiga pertandingan. Itu membuat mereka dipastikan tak lolos ke fase berikutnya.

Berikut klasemen sementara Grup A sepakbola putra SEA Games 2021:

1. Timnas Myanmar U-23 (6 poin)

2. Timnas Filipina U-23 (4 poin)

3. Timnas Vietnam U-23 (4 poin)

4. Timnas Indonesia U-23 (3 poin)

5. Timnas Timor Leste U-23 (0 poin)

(*)

Komentar