Legislator Potensial Polman Mulai Mewacana Maju Pilkada

Anggota DPRD Sulbar H.  Syahrir Hamdani salam jempol bersama H. Anwar Adnan Saleh pada peluncuran buku  berjudul “Rahmat Hasanuddin: Panglima Tanpa Bintang” yang dilaksanakan di LPMP Majene.

POLEWALI – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara nasional diagendakan dilaksanakan serentak pada Rabu, 27 November 2024. Walau masih lama berdasarkan hitungan kalender, namun sejumlah nama mulai mewacana.

Tidak dapat dipungkiri. Kabupaten Polewali Mandar adalah daerah yang memiliki banyak sumber daya manusia untuk tampil sebagai pemimpin. Ada birokrat, pengusaha, tokoh masyarakat, hingga legislator.

Berikut akan diulas singkat sejumlah legislator potensial dari Kabupaten polewali Mandar. Baik yang berkiprah di tingkat pusat maupun di daerah.

Bila melihat hasil pemilihan legislatif tahun 2019 lalu, sepertinya Polewali Mandar masih menjadi rujukan politik. Dari empat anggota DPR RI terpilih dari Daerah Pemilihan Sulawesi Barat, dua diantaranya berasal dari Polewali Mandar.

Yang menarik karena keduanya adalah perempuan. Andi Ruskati Ali Baal dan Ratih Megahsari Singkarru. Kedua Srikandi Sulbar ini memang memiliki pengaruh keluarga yang masing-masing kuat. Andi Ruskati adalah istri dari Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar. Sementara Ratih adalah putri dari Hendra Singkarru yang pernah menjadi anggota DPR RI Dapil Sulbar.

Andi Ruskati yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Sulbar melenggang ke Senayan setelah partainya meraih total 96.845 suara. Andi Ruskati sendiri secara personal meraih total 72.755 suara. Dari jumlah perolehan suara tersebut, 36.511 suara diperoleh di Kabupaten Polewali Mandar.

Ratih juga melenggang ke senayan secara fantastis. Melalui Partai NasDem, Ratih yang secara personal meraih 30.946 suara mengungguli dua tokoh Sulbar. Anwar Adnan Saleh dan Salim S. Mengga. Dari 30.946 suara personal Ratih, 13.650 suara didulang di Kabupaten Polewali Mandar.

Khusus untuk Salim S Mengga. Walau tidak terpilih lagi sebagai anggota DPR RI, tapi kansnya untuk bertarung di Pilkada Polewali Mandar tetap terbuka. Dengan modal personal 22.171 suara hasil Pileg 2019, 16.864 suara diperoleh di Kabupaten Polewali Mandar. Apalagi, Salim S Mengga memiliki pengalaman bertarung di Pilkada Polewali Mandar.

Sejumlah Anggota DPRD Sulawesi Barat juga mulai mewacana untuk dianggap layak bertarung di Pilkada Polewali Mandar. Ada Usman Suhuriah, Abdul Halim, Abdul Rahim dan Syahrir Hamdani.

Usman Suhuriah yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Sulbar berasal dari Partai Golkar. Pada Pileg 2019, secara personal dia meraih 8.058 suara. Sebagai Ketua DPRD Sulbar dan mantan Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah tentu punya pengaruh yang kuat.

Begitu pun dengan Abdul Halim. Wakil Ketua DPRD Sulbar dari PDI Perjuangan ini juga punya kans untuk maju pada Pilkada Polewali Mandar. Dengan meraih 6.644 suara, Abdul Halim tentu sudah meiliki jaringan kuat hingga ke pelosok Kabupaten Polewali Mandar.

Adapun Abdul Rahim, yang kini aktif melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihannya, juga dianggap layak untuk bertarung di Pilkada Polewali Mandar . Anggota dewan dari Partai NasDem ini pada Pileg 2019 secara personal meraih 5.986 suara.

Anggota DPRD Sulbar lainnya, Syahrir Hamdani juga disebut-sebut layak untuk maju di Pilkada Polewali Mandar. Salah satu tokoh Pejuang Pembentukan Sulbar ini secara politik semakin kuat setelah bergabung di Partai Gerindra . Syahrir Hamdani menjadi Anggota DPRD Sulbar dengan perolehan 4.729 suara.

Sejumlah anggota DPRD Polewali Mandar tentu punya peluang untuk bertarung di Pilkada Polewali Mandar. Namun yang mewacana baru Ketua DPRD Polewali Mandar Jupri Mahmud. Anggota dewan dari Partai Golkar ini adalah peraih suara terbanyak secara perorangan dengan perolehan 5.196 suara.

Selain sejumlah legislator potensial yang mulai mewacana. Ada pula tiga orang Senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Kabupaten Polewali Mandar yang punya kans untuk memimpin Kabupaten Polewali Mandar. Andri Prayoga Putra Singkarru, Iskandar Muda Baharuddin Lopa dan Ajbar Abdul Kadir.

Pada pemilihan calon anggota DPD RI Dapil Sulbar, Andri meraih 68.870 suara, Iskandar 51.027 suara dan Ajbar 50.390 suara. Ketiga Senator tersebut tentu punya modal pengaruh dan berpeluang untuk maju pada Pilkada Polewali Mandar 2024. (***)

Legislator Potensial untuk Pilkada Polewali Mandar

Andi Ruskati Ali Baal        Anggota DPR RI

Ratih Megahsari Singkaru Anggota DPR RI

Abdul Halim                    Anggota DPRD Sulbar

Abdul Rahim                   Anggota DPRD Sulbar

Syahrir Hamdani              Anggota DPRD Sulbar

Usman Suhuriah              Anggota DPRD Sulbar

Jupri Mahmud                 Anggota DPRD Polman

Komentar